fbpx
  • Home
  • Uncategorized
  • Cara Mengajarkan Balita Agar Dapat Bersuara Dan Berbicara Dengan Baik

Cara Mengajarkan Balita Agar Dapat Bersuara Dan Berbicara Dengan Baik

Berbicara adalah aktivitas komunikasi dalam menyampaikan sesuatu dan juga di kenal sebagai proses interaksi yang terjadi antar individu. Waktu pertama kali dapat berbicara pada umumnya di usia balita atau bayi umur 3 tahun, meskipun proses berbicaranya tidak sebanyak orang dewasa.

Bayi yang baru bisa berbicara biasanya sudah terlatih dengan aktivitas yang sering di lakukannya seperti menangis, mendengarkan music, mendengarkan orang berbicara dan masih banyak lagi. Proses berbicara pada bayi dapat dilakukan pada usia 3 tahun karena usia tersebut sangatlah efektif, terlebih balita sudah dapat adaptasi dengan lingkungan.

Untuk mengajarkan balita agar dapat berbicara tentu ada caranya agar balita yang di ajarkan dapat melakukan komunikasi yang baik. Berikut beberapa cara mengajarkan balita berbicara antara lain :

Yang Pertama, Orang tua harus rajin mengajak anaknya untuk interaksi berbicara agar balita dapat merespon pembicaraan dari orang tua yang begitu baik.

Meskipun respon dari si balita memang terkadang masih belum dapat di pahami mulai dari artikulasi dan maksud yang sampaikan. Justru cara ini sangatlah manjur untuk mengajarkan balita berbicara karena apa yang semua dari orang tua sampaikan dapat di dengarkan dengan baik oleh balita.

Yang Kedua, Orangtua dapat membacakan suatu cerita pada balita, cara ini dapat di lakukan ketika balita hendak tidur. Cerita yang di bacakan dapat berupa komik, majalah, cerita legenda, cerita anak. Biasanya balita akan senang apabila orang tua kandungnya membacakan suatu cerita terlebih tidak hanya membacakan saja, namun perlu juga menunjukan alur gambar isi cerita.

Yang Ketiga dalam cara mengajarkan balita berbicara yaitu, Berikan balita sebuah alunan musik yang bernada selow, santai atau anak anak. Balita akan senang sekali jika mendengarkan musik anak anak karena nada dari musik tersebut di senangi dan di kenali oleh si balita. Jika cara ini terus di lakukan lama kelamaan balita akan hafal dengan lagunya terlebih dapat menyanyi bersama.

Yang Keempat, Seringlah untuk mengajak balita pergi bermain dan mengenali dunia luarnya agar balita dapat tahu dan semakin penasaran dengan hal hal baru. Rasa penasaran dan mungkin ketagihan jika melihat sesuatu yang menarik akan menjadi suatu pemancing bagi balita untuk di tuntut berbicara karena keinginannya.

Semoga beberapa tips di atas bermanfaat ya!

Salam

Bikin Undangan Semarang

Instagram : Klik

Whatsapp : 081-215-301-752

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *